10 Resep Masakan Sederhana & Praktis Sehari-hari

Daftar atau catatan resep masakan sederhana yang praktis dan enak adalah hal yang wajib dipunyai oleh ibu-ibu di rumah agar tidak kebingungan mau masak apa.
Jika Anda seorang ibu rumah tangga tetapi juga seorang pekerja kantoran, pasti Anda kerepotan jika harus memasak untuk keluarga setiap hari. Tapi jangan khawatir karena Resep Koki akan menyajikan resep masakan sederhana dan praktis untuk Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak.


Untuk resep lengkapnya Anda bisa klik judul disetiap masakan berikut ini;
1. Resep Tumis Labu Siam
Tumis labu siam adalah masakan yang sering disajikan dirumah-rumah, Anda bisa menyantapnya dengan sepiring nasi putih hangat. Cara memasaknya sangat gampang dan bahannya juga murah dan mudah didapat.
Sayur labu siam ini merupakan salah satu resep masakan tradisional Indonesia yang relatif mudah untuk membuatnya. Labu siam dapat dimasak dengan berbagai cara. Bunda dapat membuat sayur lodeh labu siam, tumis atau memasaknya dengan santan.
Salah satu masakan labu siam yang popular di kalangan pecinta kuliner di Indonesia adalah sayur labu siam tumis. Masakan bercita rasa gurih ini pasti sering anda temui di rumah-rumah terutama pada saat hari raya Lebaran karena sayur ini sangat cocok dipadukan dengan nasi putih.Walaupun berbahan sederhana sayur ini juga menjadi salah satu menu rumahan favorit di Indonesia. Yuk Bunda silahkan disimak resep berikut ini.
Bahan:
1 buah labu siam
2 sendok makan minyak untuk menumis
½ sendok teh gula pasir
¼ sendok teh garam
2 cm lengkuas
1 lembar daun salam
Bumbu:
1 buah tomat kecil
2 siung bawang putih
3 buah bawang merah
2 buah cabe merah
Cara Membuat:
Bersihkan getah yang ada pada labu siam dengan memotong labu menjadi 2 bagian. Gesek-gesekkan labu hingga getah keluar.
Kupas labu lalu parut labu hingga bentuknya memanjang
Tumit bumbu iris yang sudah dipersiapkan
Masukkan labu siam dan aduk hingga layu. Tambahkan air lalu campur dengan gula dan garam.
Tunggu hingga air mengental dan meresap. Tumis labu siam siap disajikan.
Hmm pasti enak sekali pasti sayur yang satu ini dan pastinya akan sangat digemari oleh suami dan anak-anak Bunda dirumah, Bunda bisa menambakan tahu atau tempe sebagai bahan pelengkapnya dan pasti tak kalah nikmat untuk disantap.
2. Resep Capcay Goreng Bakso
Ingin menikmati berbagai macam sayuran dalam satu piring? Capcay goreng bakso bisa dijadikan menu piliha Anda. Sayur-sayuran sangat baik untuk kesehan Anda dan kelezatan bakso juga bisa Anda nikmati.
Istilah cap cay di dalam bahasa Indonesia sebenarnya berarti 10 macam sayur. Namun pada kenyataanya banyak orang menyajikan cap cay goreng hanya beberapa macam sayur saja. Mereka terkadang menambahkan bahan-bahan makanan yang mereka miliki di rumah. Mereka bisa saja menambahkan cumi, udang, kekian, rambak perut ikan, ati ayam, dan sebagainya tergantung dengan selera can cita rasa masing-masing.
Tapi kami mempunyai resep tersendiri yang sudah bertahun-tahun kami pakai. Berikut resepnya serta bahan-bahannya;
Bahan:
50 gram daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil
200 gram sawi putih yang sudah dipotong
5 buah bakso, diiris sesuai selera
1 ikat sawi hijau yang sudah dipotong
150 gram kembang kol yang dsudah dipotong
1 buah wortel, dipotong memanjang
1 sendok teh kecap ikan
2 siung bawang putih yang dicincang kasar
1 sendok makan saus tiram
½ sendok teh garam
¼ sendok teh merica
½ sendok makan tepung maizena yang dicairkan dengan sedikit air
Cara Membuat:
Bawang putih ditumis hingga harum lalu tambahkan ayam dan daging bakso. Aduk hingga berubah warna
Tambahkan kecap ikan, saus tiram, garam dan merica, aduk rata sebentar lalu tambahkan sedikit air
Tambahkan wortel, sawi hijau, sawi putih dan kembang kol yang sudah dipotong-potong, aduk sampai rata
 Tambahkan larutan maizena dan aduk kembali hingga masakan mengental
Angkat dan cap cay goreng siap disajikan.
3. Resep Tumis Kangkung
Tumis kangkung adalah masakan yang murah meriah tetapi kelezatannya tidak diragukan lagi. Hanya dengan Rp. 5000,- Tumis kangkung bisa Anda sajikan untuk keluarga.
Untuk Anda dan keluarga yang sangat menyukai sayuran, sepertinya resep tumis kangkung ini cocok untuk disajikan dimeja makan keluarga. Resep cah kangkung ada banyak, salah satu resep favorit yang bisa anda coba adalah tumis kangkung terasi.
Masakan ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Masakan ini  sangat nikmat, mudah sekaligus murah meriah. Tidak sabar ingin memasak?
Silahkan lihat resep tumis kangkung terasi berikut ini…
TIPS: Sebelum mulai memasak, sebaiknya baca tips berikut ini…
*Kunci kenikmatan oseng-oseng terletak pada keberanian bumbu alias jangan terlalu pelit;-). Pastikan bumbu ditumis sampai benar2 matang sebelum sayuran dimasukan supaya masakan terasa sedap dan tidak hambar/cemplang.
*Masak Tumis Kangkung sesaat sebelum dihidangkan dan santap segera. Bagi anda yang kurang menyukai bumbu terasi, silahkan mencoba versi lain Tumis Kangkung yang simpel tetapi rasanya tak kalah lezat.
*Setelah matang, sebaiknya kangkung jangan dipanaskan kembali. Menurut info yang beredar, memanaskan kangkung beberapa kali bisa menyebabkan keracunan.
Oke, yuk kita mulai memasak sekarang!
Bahan:
1 ikat kangkung
1 lombok merah besar
lombok merah kecil (cabe rawit) sesuai selera
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Saus tiram ± 3 sdm
Lengkuas 1/3 ruas jari
Sedikit garam
Gula aren/gula pasir secukupnya
Terasi
Tomat
Mentega / minyak
Cara Memasak Tumis Kangkung:
Siapkan adalah kangkung yang telah dibersihkan dan di petik daunnya.
Iris bawang merah dan bawang putih, tomat dan cabai
Panaskan mentega atau minyak di atas penggorengan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
Masukan cabai , terasi, dan lengkuas segera lingkarkan saus tiram di pinggir2 bumbu yang sedang ditumis, bukan langsung ke bumbunya.
Setelah itu masukan kangkung yang telah di cuci, jangan ditambahkan air. usahakan jangan menambahkan air ketika menumis sayuran. karena sebenarnya air akan keluar sendiri dari kangkung yang dicuci. akali dengan mengecilkan api.
Setelah matang/atau hampir matang masukan garam dan gula. tahap terakhir ini usahakan untuk mencicipi dahulu kuahnya. karena biasanya terasi dan saus tiram sendiri sudah asin.
Masukan tomat dan siap di hidangkan hangat-hangat.
Ternyata menu masakan yang nikmat tidak harus mahal kan Bunda, dengan harga kangkung yang murah Bunda bisa menyajikan masakan yang nikmat untuk keluarga. Tetapi katanya kangkung juga bisa bikin orang ngantuk loh, jadi sebaiknya jangan di makan pada waktu jam kerja yah.
4. Resep Terong Balado
Satu buah terong ungu bisa Anda olah dengan kelezatan yang oke punya. Bumbunya hanya bawang merah, bawah putih, cabe rawit, cabe merah,tomat garam dan gula. Terong balado siap disajikan untuk orang terkasih.
Setelah sebelumnya kami membahas tentang Resep Terong Tumis Kecap yang simple dan lezat. Kali ini Resepkoki.co coba menyajikan variasi masakan terong lain yaitu, Terong Balado.
Terong balado merupakan masakan ala padang, tidak hanya disukai warga daerah Sumatera Barat saja, tetapi juga digemari di seluruh nusantara, bahkan sampai di luar negeri. Salah satu masakan yang mudah dan murah tetapi tetap mempunyai citarasa yang khas dengan bumbu pedas nya yang dapat membuat setiap orang yang mencicipinya ketagihan.
Buat Anda yang super sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan hidangan buat keluarga di rumah, resep terong balado ini merupakan salah satu pilihan terbaik, kareana bahan-bahan dan bumbunya mudah didapat, serta cara membuatnya pun sangat praktis dan cepat.
Yuk kita simak resep terong balado berikut dari Resep Koki…
Lama Memasak:
+/- 20 menit
Bahan:
4 bh terong ungu
Bumbu Halus:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 cabe keriting (kurangi jika ingin tidak terlalu pedas)
10 cabai merah besar
2 bh tomat
Garam dan gula secukupnya
Cara Membuat:
Iris terong ungu masing-masing menjadi 4 bagian kira-kira 10cm, tiap bagian potong memanjang menjadi empat bagian.
Rendam irisan terong ke dalam air agar terong tidak berubah warna. Kemudian di goreng hingga matang.
Kupas bawang merah dan bawang putih. Siapkan cabai keriting, cabai merah besar, dan tomat. Ulek sampai halus kemudian tambahkan gula dan garam sesuai selera
Setelah bumbu halus dan terong sudah matang, tumis bumbu dengan minyak yang sudah dipanaskan hingga wangi. Kemudian masukan terong dan aduk hingga merata.
Nah, bagaimana menurut Anda setelah membaca resep dan cara membuat terong balado yang sudah kami berikan, mudah bukan? praktis dan gak pakai ribet memasaknya dan pastinya masakan ini sangat cocok untuk disantap bersamakeluarga dirumah. Selamat menikmati :)
5. Resep Sayur Asem
Sayur asem khas Jawa Timur ini pastinya tidak asing untuk Anda, bahan-bahannya tergolong mudah dan tidak sulit didapat. Memasaknyapun cukup praktis.
Sayur asem yang cukup terkenal di daerah Jawa adalah sayur asem Jawa Timur. Apa yang menjadikan sayur asem Jawa Timur ini begitu terkenal? Tentu saja karena keunikannya. Penyajiannya dikenal karena menggunakan kecambah dari kedelai sebagai salah satu bahan utama yang digunakan. Bagaimana rasa dari kecambah dari kedelai ini? Pastinya segar dan asam, sesuai dengan selera saya dan ibu. Daripada bikin ngiler, ini resep cara membuat sayur asem Jawa Timur.
Bahan :
50 gram kecambah dari kedelai atau tauge besar
melinjo sesuai selera
10 biji kacang panjang yang dipotong kurang lebih 5 cm
2 buah labu siam yang dikupas dan dipotong sesuai selera
Seikat kangkung yang dipotong sesuai selera
1 liter air
3 buah nelimbing wuluh
2 cm lengkuas yang digeprak
4 buah bawah merah yang diiris tipis-tipis
3 siung bawang merah yang dihaluskan Garam dan gula secukupnya
Cara Membuat :
Rebus air hingga mendidih.
Masukkan bawang putih, bawang merah, lengkuas dan belimbing wuluh.
Setelah air kembali mendidih, masukkan kacang panjang, kecambah dan labu siam. Masak hingga semua bahan setengah matang.
Tambahkan kangkung, gula dan garam. Aduk-aduk dan tunggu kurang lebih 1 menit atau sampai kangkung empuk.
Matikan api dan angkat. Sayur Asem Jawa Timur siap dihidangkan selagi hangat.
6. Resep Tahu Goreng Saus Sambal ABC
Dengan bahan utama tahu Anda akan menyajikan makanan yang istimewa. Sepotong tahu diisikan daging cincang didalamnya lalu saus sambal ABC sebagai pelengkap dalam sajian yang lezat ini.
Bahan:
200 ml air
100 gram ayam cincang
minyak goreng secukupnya
10 buah tahu goreng
1 butir telur kocok lepas
300 gram terigu
2 sdm Sambal ABC Masak
Bumbu:
1 batang daun bawang iris halus
2 siung bawang putih cincang halus
Cara Membuat:
Untuk bahan isi: Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum, masukkan ayam cincang, masak hingga matang, masukkan 2 sdm ABC Sambal Masak, aduk rata, tambahkan 100 gram terigu, aduk sebentar, masukkan 100 ml air, aduk kembali hingga tercampur rata. Masukkan daun bawang, aduk sebentar angkat.
Ambil sepotong tahu goreng, masukkan isinya.
Pencelup: Aduk rata 100 gram terigu, telur, 100 ml air.
Penyelesaian: Ambil tahu goreng isi, celupkan diadonan pencelup, kemudian goreng hingga matang, angkat.
Siap di sajikan.
7. Resep Udang Goreng Tepung
Olahan seafood yang satu ini sangatlah gampang mengolahnya, Anda hanya perlu 200 gram udang tanpa kepala dan tepung bumbu. Udang goreng tepung sudah siap disajikan di meja makan Anda
Siapa sih yang tidak pernah mencicipi nikmatnya udang goreng tepung? Nikmatnya udang yang dibalut dengan tepung yang renyah ini telah banyak dijadikan makanan favorit di rumah dan di mana saja. Mungkin para ibu-ibu akan menyajikan makanan ini sebagai bekal untuk anak-anak mereka. Menu ini gampang dibuat dan bahannya juga tidak terlalu banyak. Bagi para pemula, memasak menu ini bisa digunakan sebagai percobaan karena tidaklah sulit. Bagaimana cara membuatnya? Berikut resep lengkapnya.
Bahan Utama :
200 gram udang jerbung yang sudah dibuang kepala dan dibersihkan
¼ sendok teh garam
¼ sendok teh merica
Minyak goreng
100 gram tepung panir kasar
Bahan Celupan:
50 gram tepung terigu
½ sendok teh baking powder
1 sendok teh tepung tapioca
½ sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok makan tepung beras
125 ml air es
Cara Membuat:
Taburi udang dengan garam dan merica dan diamkan selama 15 menit
Campur bahan celupan yang telah disiapkan dan aduk merata
Masukkan udang ke dalam bahan celupan lalu gulingkan dalam tepung panir kasar
Panaskan minyak, goreng udang hingga warna berubah kekuningan.
Angkat lalu tiriskan. Sajikan dengan saus tomat atau saus sambal.
8. Resep Sambal Goreng Kentang Tempe
Hanya dengan satu bungkus tempe dan satu buah kentang Anda bisa menyajikan masakan yang sangat lezat. Sambal goreng kentang tempe sangat praktis membuatnya dan pastinya keluarga Anda akan menyukainya.
Bahan:
1 bungkus tempe, diiris kecil & tipis
4 bh kentang, diiris kecil & tipis
3 bh cabe merah, iris tipis
5 siung bawang putih
10 siung bawang merah
5 sdm gula pasir atau sesuai selera
50 cc air
Garam secukupnya
Jeruk nipis
Kecap manis secukupnya
Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
Goreng kentang dan tempe hingga matang, tiriskan. Kentang digoreng terlebih dahulu, karena saat menggoreng tempe akan banyak remah.
Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe merah dengan sedikit minyak hingga harum.
Masukkan gula pasir, kecap manis, garam dan air, aduk rata hingga air mendidih.
Beri sedikit air jeruk nipis kemudian matikan kompor.
Masukkan kentang dan tempe yang sudah digoreng, aduk rata lalu sajikan.
9. Resep Tahu Telur Kecap
Hanya dengan dua buah telur dan dua potong tahu Anda bisa menyajikan masakan yang praktis ini. Tahu telur kecap sangat cocok untuk disantap bersama keluarga.
Disaat mendengar istilah tahu telur kecap, yang terbayang adalah menyerupai bentuk seperti tahu gimbal. Sajian tersebut akan ada tahu yang telah dipotong kecil-kecil, telur ceplok, beberapa irisan kol yang disiram dengan bumbu kacang. Hanya membayangkan saja akan membuat Anda menjadi lapar.
Saus kacangnya masih setengah kental yang rasanya tidak hanya manis namun juga gurih dan sedap. Makanan ini sesungguhnya mudah dibuat dan tidak butuh waktu yang lama untuk membuatnya.
Namun terkadang orang-orang lebih memilih membeli di resto karena mereka malas membuat saus kacang dan sebagainya. Dengan menyajikan tahu telur kecap yang sederhana ini, Anda dan keluarga tidak akan merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Berikut resep tahu telur kecap yang sangat mudah disajikan.
Bahan Tahu Telur :
2 butir telur yang dikocok hingga berbusa
2 potong tahu putih yang dicincang kasar
1 batang daun bawang yang dipotong halus
½ sendok the garam
¼ sendok the merica bubuk
Bahan Saus Kacang :
5 butir cabe merah keriting yang digoreng
3 butir cabe rawit yang digoreng
3 butir bawang putih yang digoreng
100 gram kacang tanah yang digoreng hingga matang
5 sendok makan kecap manis
1 sendok makan air jeruk nipis
150 ml air panas
Bahan Lainnya :
3 lembar kol yang dipotong halus lalu direbus hingga layu
Tauge secukupnya yang disiram air panas hingga layu
Cara Membuat :
Kocok telur hingga berbusa lalu tambahkan garam, merica bubuk, daun bawang yang sudah diiris dan tahu cincang. Aduk hingga merata.
Panaskan minyak dan goreng adonan telur hingga warna berubah menjadi kecoklatan. Kemudian angkat dan tiriskan.
Siapkan saus kacang. Tumbuk kacang tanah yang telah digoreng bersama cabe, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit. Kemudian cairkan dengan air. Tambahkan kecap dan jeruk nipis kemudian aduk hingga merata
Siramkan bumbu kacang dan kecap ke atas telur.
Tahu telur kecap siap disajikan untuk anda dan keluarga. Jeruk nipis boleh ditambahkan sesuai dengan selera.
10. Resep Nasi Goreng Putih
Resep ini sangat simple jadi sangat cocok sekali untuk di masak di pagi hari untuk menu sarapan pagi.
Tidak seperti nasi goreng pada umumnya, nasi goreng putih justru memberikan sensasi yang berbeda baik dalam penyajian maupun baik dalam campuran bahan utama. Namun karena resep ini tidak menggunakan cabe merah dan juga kecap manis untuk menjaga warna dari nasi putih ini, pasti beberapa orang akan meragukan rasa dari nasi goreng ini.
Untuk rasa, bisa dikatakan jauh lebih lezat karena sungguh menekankan rasa daripada yang hanya terasa pedas saja tanpa ada bumbu yang menempel di lidah. Nasi goreng putih mungkin tidak bisa ditemukan sebanyak nasi goreng yang berwarna kecokelatan pada umumnya.
Namun, resep ini tidak kalah lezat dengan yang dijual di pinggir jalan. Kali ini, resep nasi goreng putih ini bisa digunakan untuk membuat 3 porsi nasi goreng putih. Bisa menambahkan kerupuk dan irisan tomat dan timun pada saat penyajian.
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
500 gram nasi putih
1 butir telur dikocok lepas
75 gram ayam fillet dipotong – potong
1 buah sosis ayam dipotong – potong
2 siung bawang putih dicincang halus
50 gram mixed vegetable
1/2 sendok makan kecap ikan
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 batang daun bawang, iris halus
1 sendok makan minyak untuk menumis
Cara Pengolahan :
Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir. Tambahkan ayam fillet dan sosis ayam. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan mixed vegetable. Aduk sampai layu. Tambahkan nasi putih, kecap ikan, garam, merica bubuk, kaldu ayam bubuk, dan daun bawang. Masak sampai matang.
Nasi goreng putih kini telah siap untuk disajikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wajib Baca, Kelebihan dan Manfaat Jamur Lingzhi

Makanan Terbaik Untuk Asam Lambung Di Tahun 2023

Kanker Rahim: Penyakit Mematikan Yang Perlu Diketahui Di Tahun 2023