Wajib Tahu !!! Inilah Penyebab Hb Rendah

Hb (Hemoglobin) rendah umumnya terkait dengan penderita anemia. Tapi, kadar Hb atau hemoglobin yang rendah dapat juga sebagai pertanda tubuh menderita kondisi lain yang harus segera mendapapatkan penanganan medis.

Inilah Penyebab Hb Rendah


Kadar Hb (Hemoglobin) dihitung berdasarkan satuan gram per desiliter (dL). Kadar hemoglobin normal pada wanita umumnya antara 12-15 gram/dL dan pada pria antara 13-17 gram/dL. Jika tes darah menunjukkan kadar Hb kurang dari ukuran tersebut, penting untuk mengetahui penyebab kurangnya Hb agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Ketahui Penyebab Hb Rendah

1. Kurang Gizi


Kekurangan gizi dapat menyebabkan kadar Hb menjadi rendah atau berkurang. Asupan gizi seperti vitamin dan mineral terutama zat besi sangat penting dalam pembentukan hemoglobin. Zat besi merupakan mineral penting yang diperlukan oleh tubuh terutama untuk menjaga fungsi otot, energi, perkembangan otak dan pembentukan hemoglobin. Pada anak, kekurangan asupan zat besi selain menyebabkan kadar Hb rendah juga dapat mempengaruhi perkembangan dan perilaku anak.

Gizi lain yang jika asupannya kurang dapat menyebabkan Hb menjadi kurang atau rendah adalah kekurangan asam folat. Karena asam folat adalah salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel baru termasuk sel darah merah. Untuk itu, penting sekali mengkonsumsi makanan seperti bayam, brokoli, buncis, beras merah, dan kacang hijau yang merupakan sumber asam folat alami. Selain kekurangan zat besi dan asam folat, kekurangan vitamin B12 juga berpengaruh terhadap kadar Hb.

2. Kehamilan

Wanita hamil lebih sering dijumpai menderita kekurangan kadar Hb, dan rendahnya kadar Hb pada wanita hamil wajib mendapatkan perhatian yang serius. Karena dalam proses perkembangan janin dan proses persalinan kadar Hb juga sangat berpengaruh.Penurunan kadar Hb atau sel darah merah yang tergolong berat dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat rendah, lahir prematur, lahir dengan anemia, mengalami perkembangan lambat, hingga dapat membahayakan nyawa ibu dan anak saat proses persalinan. Oleh karena itu wajib segera mengatasi anemia pada wanita hamil.

Untuk memantau kadar Hb pada wanita hamil, pemeriksaan darah sangat dianjurkan sehingga akan cepat terdeteksi dan dapat segera mendapatkan penanganan. Dari hasil pemeriksaan tersebut, akan diketahui penyebab Hb rendah dan dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi penyebabnya. Umumnya, dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat yang tinggi, dan suplemen B12. Konsumsi makanan mengandung protein seperti daging, telur, dan produk susu juga mungkin akan disarankan. Pemeriksaan darah akan dilakukan kembali setelah beberapa waktu, untuk melihat perkembangan jumlah Hb.

3. Menderita Penyakit Kronis

Salah satu penyakit kronis yang menyebabkan kadar Hb kurang adalah Thalassemia, dimana penderita thalassemia mengalami kelainan darah yang dapat menurun secara genetik. Pada kondisi ini, terjadinya mutasi genetik yang menghalangi produksi hemoglobin dalam tubuh.

Hingga kini penyakit thalassemia belum dapat dicegah, karena merupakan kelainan genetik yang diturunkan dari orang tua. Jika ada anggota keluarga yang menderita thalassemia, Anda harus lebih waspada dan mengenali tanda dan gejala yang mungkin terjadi, meliputi deformitas tulang terutama di bagian wajah, kelelahan berlebih atau cepat merasa lelah, warna urine gelap, pertumbuhan dan perkembangan yang lambat, serta kulit tampak pucat.

Penyakit infeksi seperti malaria, juga mungkin menjadi salah satu penyebab Hb rendah. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Masih banyak penyebab kadar Hb rendah atau kurang. Lebih baik selalu waspada dengan gejala Hb rendah seperti mudah lelah, lemah, pusing, kulit dan gusi pucat, sesak nafas, dan meningkatnya detak jantung. Segera konsultasikan pada tenaga medis terdekat supaya mengetahui kondisi kadar Hb dan cara mengatasi kadar Hb rendah secara tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wajib Baca, Kelebihan dan Manfaat Jamur Lingzhi

Makanan Terbaik Untuk Asam Lambung Di Tahun 2023

Kanker Rahim: Penyakit Mematikan Yang Perlu Diketahui Di Tahun 2023