Lymphogranuloma Venereum (Lgv): Apa Yang Perlu Anda Ketahui


Lymphogranuloma Venereum (LGV) Symptoms and Treatment
Lymphogranuloma Venereum (LGV) Symptoms and Treatment from www.verywellhealth.com

Apa itu LGV?

Lymphogranuloma venereum (LGV) adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Ini adalah penyakit yang jarang terjadi pada orang dewasa, tetapi lebih sering terjadi pada individu yang terinfeksi HIV. LGV mempengaruhi sistem limfatik dan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit kelamin lainnya.

Bagaimana LGV Menyebar?

LGV menyebar melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi. Bakteri dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil pada kulit atau membran lendir. Orang yang terinfeksi dapat menularkan bakteri bahkan jika mereka tidak memiliki gejala.

Gejala LGV

Gejala LGV dapat bervariasi dari orang ke orang. Pada tahap awal, gejala dapat termasuk luka kecil atau sakit pada kelamin atau anus, serta pembengkakan kelenjar getah bening. Pada tahap lanjut, LGV dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di sekitar anus atau kelamin. Jika tidak diobati, LGV dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti infeksi pada sistem limfatik dan organ dalam.

Bagaimana LGV Diobati?

LGV dapat diobati dengan antibiotik. Penting untuk segera mencari perawatan medis jika Anda mengalami gejala LGV atau telah terpapar dengan orang yang terinfeksi. Jangan mengobati diri sendiri dengan antibiotik yang tidak diresepkan oleh dokter, karena hal ini dapat menyebabkan resistensi bakteri dan berdampak pada kesehatan Anda.

Bagaimana Cara Mencegah LGV?

Anda dapat mencegah LGV dengan menghindari hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi dan menggunakan kondom saat berhubungan seks. Penting juga untuk menjalani tes rutin untuk infeksi menular seksual jika Anda aktif secara seksual.

Kesimpulan

Lymphogranuloma venereum (LGV) adalah infeksi menular seksual yang jarang terjadi, tetapi dapat menyebabkan gejala yang serius jika tidak diobati. Penting untuk mencari perawatan medis jika Anda mengalami gejala LGV atau telah terpapar dengan orang yang terinfeksi. Anda juga dapat mencegah LGV dengan menghindari hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi dan menggunakan kondom saat berhubungan seks.

Sumber:

https://www.cdc.gov/std/lgv/stdfact-lgv.htm

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/lymphogranuloma-venereum


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wajib Baca, Kelebihan dan Manfaat Jamur Lingzhi

Makanan Terbaik Untuk Asam Lambung Di Tahun 2023

Kanker Rahim: Penyakit Mematikan Yang Perlu Diketahui Di Tahun 2023